Pengenalan Sistem Ticketing Menggunakan OsTicket | Goodpixelpro Tutorial

Goodpixelpro Tutorial –

Helpdesk atau ticketing merupakan sistem manajemen untuk membantu menangani kebutuhan customer / user terkait dengan pertanyaan, pelayanan, support teknis, atau komplain terhadap produk & jasa tertentu dengan memanfaatkan sistem penomoran (request ticket) untuk memudahkan penelusuran terhadap tindakan penyelesaian yang dikoordinasi oleh suatu tim.
Keuntungan memakai Helpdesk atau Ticketing adalah seluruh request dan support yang telah dilakukan tersimpan dengan terstruktur di dalam database, sehingga jika terjadi masalah yang sama atau yang sering terjadi maka dapat ditemukan solusinya dengan lebih cepat. Kitapun dapat memilah masalah yang masuk, sehingga tahu siapa yang harus menangani dan memberikan skala prioritas untuk masalah yang masuk ke sistem.
Contoh aplikasi helpdesk atau ticketing yaitu Zendesk, OTS (Open Ticket Support), dan OsTicket. dari ketiga sistem ticketing yang sudah di sebutkan sebelumnya OsTicket merupakan sistem ticketing yang berbasis open source atau dapat digunakan secara gratis. walaupun osticket merupakan opensource osticket juga tidak kalah jauh dengan aplikasi ticketing yang berbayar seperti zendesk dan OTS
berikut ini merupakan beberapa fitur yang ada pada osticket
1. Dashboard
adalah fitur yang berfungsi untuk menampilkan digital dashboard yaitu sebuah tampilan panel yang dibuat oleh sebuah software komputer dengan tujuan menampilkan informasi yang mudah dibaca. Adapun fitur – fitur yang terdapat pada menu tickets yaitu :
2. Ticket
Ticket adalah fitur yang melakukan proses dimana admin akan memulai proses pelayanan terhadap pelanggan dengan menggunakan softwere osticket. Adapun fitur-fitur yang terdapat pada menu tickets yaitu :

– Open-adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk menempatkan ticket yang pertama kali dibuat seluruh user lewat new ticket. Gambar dibawah ini merupakan Fitur Open pada menu Ticket.

-Answered merupakan sebuah fitur yang menandakan jika ticket yang masuk sudah ditangani atau sudah dijawab oleh admin

– My Tickets
My ticket-adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk menempatkan ticket kepunyaan dari admin.

Maksudnya fitur my ticket akan muncul ketika admin tersebut mengirimkan ticket ke dirinya sendiri atau dikirimi ticket oleh admin lain. Namun ketika admin belum melakukan kegiatan apapun maka fitur my ticket tidak akan muncul.
-Overdue
Overdue-adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk menempatkan ticket yang failed atau rusak.
untuk user yang ingin mengirimkan ticket yaitu dengan cara login sebagai guest user
tapi bagaimana jika yang belum mempunyai akses kedalam guest user? osticket juga sudah mempunya fitur SMTP, sehingga user cukup mengirim email yang nantinya email tersebut akan diolah menjadi sebuah ticket oleh osticket.
penggunaan OsTicket hanya rumit di konfigurasi awalnya, setelah konfigurasi awal selesai sebenarnya Osticket sangat mudah digunakan.

untuk instalasi osticket bisa kunjungi instalasi osticket

Terimakasih telah berkunjung ke website Goodpixelpro. Semoga bermanfaat.!

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart