Jembatani Usaha SEO mu dengan Google Webmaster Tools | Goodpixelpro Tutorial

Goodpixelpro Tutorial – Setelah sebelumnya saya deprisikan mengenai definisi dan pengertian dasar mengenai SEO di artikel saya sebelumnya, di postingan saya kali ini saya ingin mengajak para peminat dari SEO untuk memulai apa sih yang harus di lakukan untuk memulai perjalanan pengoptimalan mesin pencarian yang seru tanpa henti.

Perlu di ingat, dalam melakukan perjalanan ini ketekunan, kesabaran, dan semangat serta ketelitian merupakan faktor penting dalam memaksimalkan SEO untuk situs web anda. Maka dari itu mari kita bikin terlebih dahulu jembatan untuk mengatur optimasi mesin pencarian google ( saya mengambil google karena sebagian besar pengguna internet default google sebagai mesin pencarian mereka ).

Kali ini saya ingin menjelaskan tentang fungsi serta penggunaan tools SEO gratis dari google yaitu
Google Webmaster Tools sendiri sebuah produk GRATIS dari google web based untuk hal-hal seperti Verification Details, Website yang didaftarkan di mesin pencari google, Search Appearance, Search Traffik, Google Index, Crawl, Security Issues dan Other Resources.
Fungsi fungsi utama Google Webmaster Tools dibawah ini adalah :
  1. Trafik Pencarian ? Pada menu pertama ini trafik dalam pencarian ini terdapat beberapa subMenu yaitu : Search Queries, Links to Your Site, Internal Links, Manual Actions, International Targeting, Mobile Usability. Dari menu ini kita bisa mengetahui Traffik yang datang ke website kita melalui link yang mana. Kemudian Link mana saja yang mengarah ke website kita atau artikel kita, baik itu internal link ataupun dari luar. Selain itu kita juga bisa melihat performance website kita ketika dibuka dari Desktop atau Smartphone. Apakah ada bagian yang eror.
  2. Index Google ? Ya namanya juga index google dari produk google itu sendiri jadi sudah terlihat cukup jelas, pada menu google Index ini ada beberapa menu yaitu : Index Status, Content Keywords, Blocked Resources dan Remove URLs. Menu-menu ini sangat penting perananya untuk mengatur link yang ada di direktory google. Sehingga jika ada yang hendak kita delet atau kita hapus link nya dari google, kita menggunakan menu ini. Terdapat menu Remuve URLs.

    Perlu di ingat yang terpentik agar terindex dengan google dengan cepat dan tepat hindari Content Keywords yang berlebihan sehingga situs anda tidak terindikasi sebagai SPAM atau di flag sebagai SAMPAH.

  3. Crawl ? Ini juga sangat penting menu di dalamnya adalah : Crawl Errors, Crawl Stats, Fetch as Google, robots.txt, Tester, Sitemaps, URL Parameters. Dari Menu Crawl Erorr kita bisa menghapus link-link erorr yang sudah pernah kita masukkan di google. Patikan semua menu tersebut anda cek dan tidak ada erorr nya. Jika ada erorr, maka segeralah memperbaikinya agar web/blog anda mudah terindex google kembali. Pastikan juga bahwa anda men-Submit Sitemap.XML anda.
  4. Kemunculan Pencarian ? Point – point yang dapat kita gunakan melalui menu ini. Yang pertama Struktur Data. Struktur data ini terdiri dari : Hentry (author, entry-title, updated), Review, WebSite, Person, AggregateRating, hcard. Untuk melihat lebih jelasnya silahkan masuk ke google webmaster tools. Jika ada kesalahan, cepat memperbaikinya agar web/blog anda tetap dalam keadaan sehat dan baik

Nah setelah anda memahami fungsi dasar dari tools SEO dari google yang gratis ini maka saatnya kita lompat ke prosedur penggunaan GWT.

Masuk ke halaman google webmaster tools dengan email anda dan masukan property URL website anda

Nah ketika anda sudah memasukkan property ke console dari google tersebut, sekarang google ingin
mengetahui apakah ownership dari website yang ingin anda proses menggunakan GWT. Google akan memberikan beberapa cara yang bisa anda pilih.

Apabila anda tidak merasa aman dan nyaman dalam mengUpload file HTML anda, ada metode alternatif lain yang dapat anda gunakan, seperti menambahkan meta tags ke halaman index.html milik anda. Akan lebih mudah lagi apabila anda menggunakan tools gratis dari google lainnya seperti Google Analytics serta Google Tag Manager..

Selanjutnya kita akan mulai memasuki ke dalam console preference, disini anda dapat mengatur apakah GWT akan mengirimkan notifikasi tentang perkembangan SEO kedalam email anda,baik itu error ataupun notifikasi lainnya, tentu anda dapat mengEnable atau menDisable fitur ini secara manual.

.
Anda menambahkan user dan property owner dimana anda dapat mengasosiasikan kerabat kerja yang bekerja dengan anda yang ingin membantu usaha SEO bersama sama sehingga beberapa fitur dari GWT dapat anda bagi dengan kerabat kerja anda, yang pasti penambahan user dan property owner ini membutuhkan email gmail yang utama.

Yang berikutnya adalah Verification Detail sekarang ini adalah sesuatu yang sudah kita lakukan. Ini hanya akan memberi tahu Anda ketika seseorang telah mencoba memverifikasi akun, apakah itu gagal atau berhasil dan bagaimana mereka melakukan verifikasi kepemilikan situs ini.

Yang terakhir adalah Associates. Ini karena jika Anda ingin menambahkan pengguna baru yang terkait. Ini sering digunakan jika Anda ingin tidur siang dalam kaitannya dengan situs web Anda dan katakanlah Anda ingin Google pada kesempatan tertentu mengirimkannya kepada pengguna langsung ke aplikasi web versus situs web Anda, ini akan membantu Anda menyiapkannya di sini .

Setelah melakukan langkah di atas seiring waktu anda dapat melihat dan memonitoring hasil dari usaha SEO anda yang di lakukan di luar GWT, seperti SEO onpage dan SEO Offpage yang menggunakan banyak metode seperti yang dapat anda lihat yaitu Struktural Data website anda.

yang dimana Struktral Data pada GWT ini menampilkan dan digunakan untuk membantu Google mencari tahu apa sebenarnya situs Anda dan membantunya menampilkan Cuplikan Kaya dan hasil pencarian. Jadi ini adalah ketika Anda ingin menambahkan markup data terstruktur ke situs web Anda dan Anda dapat mencari jenis konten yang Anda miliki dan dalam kode Anda.

dan yang terakhir dalam postingan saya kali ini yaitu mengenai Search Traffic dan Search Analytics, yang pasti hal ini dapat di pantau dan di monitoring menggunakan GWT.

Search Traffic ini jelas terkait dengan semua informasi tentang lalu lintas pencarian yang Anda terima di situs web Anda, dan itu memberi anda banyak informasi berharga yang dapat Anda gunakan untuk benar-benar meningkatkan peringkat Anda, dan meningkatkan lalu lintas Anda dan segala sesuatu yang terjadi dengan situs web.

Sedangkan untuk Search Analytics dapat menampilkan informasi dari situs anda, anda akan diberi bagan dari semua analitik pencarian Anda yang berbeda yang akan dapat Anda sesuaikan. Jadi anda benar-benar dapat menelusuri halaman tertentu, Anda benar-benar dapat membandingkan halaman yang berbeda dan ini akan memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat meningkatkan konten yang ada di situs anda.

Conclusion : Banyak Tools tools untuk diluar sana yang mempunyai fitur yang tidak ada di GWT seperti Moz, SEMrush, dll. yang Tools apapun yang anda gunakan di luar sana tidak luput dari monitoring dari user atau property owner karena SEO ini adalah proses yang konsisten dan memerlukan beberapa sentuhan improvisasi, intinya kembali lagi dari bagaimana usaha kita dalam menggunakan tools tools gratis demi mencapai tujuan untuk site kita.

Reference :
https://www.amazeemetrics.com/en/blog/seo-tutorial-google-webmaster-tools

https://neilpatel.com/blog/beginners-guide-to-google-webmaster-tools/

https://support.google.com/webmasters/?hl=en

Terimakasih telah berkunjung ke website Goodpixelpro. Semoga bermanfaat.!

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart