Import SOA Composites Menggunakan Python Script | Goodpixelpro Tutorial

Goodpixelpro Tutorial –

Pada Blog sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan export project SOA menggunakan python script. Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk Import atau yang biasa kita kenal dengan Deploy .jar project SOA menggunakan python script.
Ketika kita ingin melakukan Import alias deploy .jar project yang sudah kita buat ke SOA Server maka kita harus melakukan import atau deploy satu-satu. Sama halnya seperti export, Bagaimana jika project yang akan kita import/depoly ada ribuan? apakah kita akan melakukan import/depoly satu-satu juga? Terlalu rumit dan melelahkan.
Nah untuk itulah, lagi-lagi saya akan membagikan python script untuk memudahkan proses import atau deploy project SOA yang banyak hanya dengan sekali execute file python script.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Siapkan python script nya terlebih dahulu.
Anda bisa melihatnya pada gambar di bawah :
  • Script untuk melakukan Proses Import/Deploy SOA Composite

    Arthur_SOAMigrateScript.py

    Script diatas terlebih dahulu akan membaca folder dimana anda menyimpan semua file .jar project anda dan kemudian akan menjalankan command ls -l untuk melihat detail list .jar file anda.
    Perhatikan script pada bagian :

    read_list = os.popen(“ls -l /u01/apps/oracle/bpel/”)
    list_jar = read_list.read()

    Setelah menjalakan command itu, maka script ini akan otomatis menjalankan WLST Command untuk import/deploy .jar file project anda sebanyak list project yang ada pada folder anda.
    Perhatikan command :

    sca_deployComposite(host_deploy,path_jar+jarfile,user=”username”,password=”password”,forceDefault=false,overwrite=true)

    Pastikan host, username dan password sudah sesuai dengan SOA Server anda. Karena jika tidak maka proses import/deploy ini akan gagal.
Langkah untuk menjalankan Script ini juga sangat sederhana :
  • Pada script pastikan anda sudah memasukkan host, username dan password SOA Server sesuai dengan host, username, dan password SOA server anda dengan benar.
  • Pastikan anda mengetahui letak path nodemanager SOA Server anda. Dimana anda akan meletakkan file python script nya di path ini.
  • Jika Anda membuat python Script tersebut pada local anda, maka pastikan anda sudah meng-copy file tersebut ke path nodemanager SOA Server anda.
    untuk melakukan copy dari local ke SOA Server bisa anda lakukan dengan menjalankan command berikut (jangan lupa memasukkan host dan username yang sesuai dengan SOA Server anda):

    scp /Users/toms/Documents/Nostra/ORACLE/DokumentasiTutorial/Arthur_SOAMigrateScript.py user@host:/u01/oracle/config/aserver/JWS_BPM/nodemanager/

  • Sekarang silahkan masuk ke SOA Server anda. Dalam hal ini saya melakukan ssh ke SOA Server saya.
    berikut ada contoh command yang saya jalankan untuk masuk ke SOA server saya menggunakan ssh :

    ssh user@host

  • Silahkan masuk menggunakan command CD menuju path nodemanager anda.
    berikut ada contoh command yang saya jalankan untuk masuk ke nodemanager server saya :

    cd /u01/oracle/config/aserver/JWS_BPM/nodemanager/

  • Pastikan bahwa python Script anda sudah ter-copy ke path nodemanager.
  • Jika sudah, maka sekarang saatnya kita menjalankan script nya.
    Namun, seperti umumnya dalam oracle. Untuk bisa menjalankan WLST Command maka kita harus set envelope wlst command terlebih dahulu.
    Biasanya pada SOA Server sudah tersedia satu script untuk set envelope yang ada pada path nodemanager itu juga, sehingga kita bisa jalankan script itu saja. Berikut adalah cara jalankan script untuk set envelope wlst command:

    . ./setWLSTEnv.sh

  • Jika sudah, maka jalankan scriptnya. Berikut ada command untuk menjalankan scriptnya:
    java weblogic.WLST Arthur_SOAMigrateScript.py (*untuk meng-import List .jar project dari path /u01/apps/oracle/bpel ke SOA Server ).
  • Tunggu hingga proses import/deploy selesai.
  • jika sudah selesai, maka silahkan cek list project anda dengan cara menjalankan script Arthur_SOAMigrateScript.py dengan operasi save_list_tofile() seperti yang sudah saya jelakan pada blog sebelumnya. Pasti list project anda sudah bertambah sesuai dengan list project yang baru saja anda import/deploy menggunakan script diatas.
  • Finish
  • Anda tidak perlu lelah lagi melakukan import satu-satu .jar file anda, karena sekarang anda tinggal jalankan script diatas.
Demikian yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Terimakasih telah berkunjung ke website Goodpixelpro. Semoga bermanfaat.!

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart