Golang Rest API Menggunakan GIN Framework | Goodpixelpro Tutorial

Goodpixelpro Tutorial – Hello Kawan – kawan sekalian, Kali ini saya akan membuat Tulisan tentang Golang Rest API menggunakan Framerowk GIN.
Kenapa Saya Menulis ini karena dapet tantangan dari Mas Yuki untuk membuat presentasi tentang golang, nah saya coba deh untuk menulis nya hehehehe….

mungkin gak usah di jelaskan ya golang itu apa karena bisa di lihat di LINK_INI yang telah di tulis oleh mas yuki sebelumnya sudah jelas dan gamblang tentang go.

Lalu Apa itu GIN adalah salah satu framework yang di buat dengan bahasa go . sudah fiture – fiture yang ada di framework ini seperti koneksi database,json formater dan banyak lagi. Untuk lebih lanjutnya bisa di buka di LINK_INI.

Langsung Saja saya tunjukan langkah – langkah membuat Golang Rest API menggunakan GIN framework, ini juga hasil berguru saya dan cari – cari referensi
Sebelumnya Untuk Koding GO harus mengatur gopath dan goroot nya dulu untuk itu bisa di lihat di tutorial LINK_INI

Setelah Sudah di setting saatnya untuk beraksi.

Pertama Ketikan :

perintah di atas adakah untuk memclone framework gin , gorm dan go driver sql
owh iya di sini untuk ORM nya saya memakai GORM.

Setelah itu Kita Buat koneksi Ke database seperti berikut:

Di atas adalah kodingan untuk mengakses database menggunakan gorm untuk mengakses database nya bisa di sesuaikan nantinya untuk user ,password dan nama database nya.

Selanjutnya Kita akan buat model nya untuk kita olah datanya. kalau di golang namanya adalah struct
kodingannya sebagai berikut:

di dalam model atau struch ini kita untuk membuat model itu sebagai Object table kita tandai dengan gorm.Model . Di dalam struct juga kita dapat langsung membuat json yang nantinya akan kita tampilkan nantinya dengan cara `json:”nama”` .

Selanjutnya kita akan buat function untuk Create nya. Kodingannya sebagai berikut :

function di atas adalah function untuk cretae data ke database menggunkan gin.Context yang digunakan untuk memanggil fungsi gin. Untuk binding data yang akan di masukan menggunakan c.Bind(&std) dengan pertama buat variable data atau object yang akan di masukan seperti contoh di atas adalah var std transformedStudent adalah objet yang saya gunakan untuk masukan. fungsi db.Create(&model) untuk menyimpan ke database berdasarkan data yang di masukan dari object. fungsi dari c.JSON(http.StatusOK, gin.H{“message”: http.StatusOK, “result”: model}) adalah untuk mengeluarkan response json dari function yang di buat.

Selajutnya kita membuat function get All berikut kodinganya:

fungsi dari adalah db.Find(&model) untuk mencari semua data yang ada di dalam database, sebelumnya kita definisikan dulu modelnya menjadi sebuah listnya dengan cara seperti berikut var model [] student . Untuk Flownya codingan di atas adalah mencari semua data yang di dalam database lalu di buat object model list setelah itu di transfer ke bentuk object view yang akan di tampilkan.

Selanjutnya kita membuat function get Detail berikut kodinganya:

Cara Untuk Parsing id di atas menggunakan fungsi modelID := c.Param(“id”) untuk mencari data sesuai dengan field yang di cari di sini saya mencari id yang di masukan . Dan fungsi untuk mencari data sesuai dengan param yang di inginkan dari fungsi di atas.

Selanjutnya kita membuat function update berikut kodinganya :

Untuk Update di atas ada fungsi db.Model(&model).Update(transferVoToModel(vo)) untuk mengupdate data ke dalam database.

Selanjutnya kita buat function delete berikut kodinganya:

Untuk Delete di atas ada fungsi db.Delete(model) untuk mendelete data yang ada di dalam database berdasarkan id yang di kirimkan.

Selanjutnya kita buat routernya untuk mengases semua function melalui REST HTTP berikut kodinganya:

Router di atas di gunakan untuk client mengakses function yang ada di dalam go dengan menggunakan REST HTTP. fungsi router := gin.Default() di gunakan untuk mendefinisikan variable router sebagai router gin default. fungsi v1 := router.Group(“/api/student”) digunakan untuk membuat nama url . fungsi router.Run(“:20001”) digunakan untuk membuat go berjalan di port yang di inginkan di sini saya menggunakan port 20001.

Demikian lah Tutorial membuat REST API Golang mengguanakan GIN framework, untuk kodingan versi full nya ada di LINK

Semoga bermanfaat untuk semuanya..

Sumber:
https://medium.com/@thedevsaddam/build-restful-api-service-in-golang-using-gin-gonic-framework-85b1a6e176f3

https://github.com/gin-gonic/gin

https://github.com/jinzhu/gorm

https://www.youtube.com/watch?v=Mq6qk2xPJsc&t=2039s

Terimakasih telah berkunjung ke website Goodpixelpro. Semoga bermanfaat.!

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart