Cara Terbaik untuk Mempromosikan Produk Afiliasi dengan Blog

GoodPixelPRO –

Mempromosikan produk afiliasi merupakan salah satu cara memonetisasi blog yang saya rekomendasikan sebelumnya.

Alasannya, karena komisinya besar dan prosesnya tidak susah. Mempromosikan produk afiliasi di blog sama mudahnya dengan membuat konten baru. Untuk anda yang ingin paham lebih lanjut caranya, lanjutkan membaca.

Sebelumnya, baca artikel ini tentang pengertian affiliate marketing kalau anda belum tahu.

Menjadikan blog sebagai platform affiliate marketing berarti anda akan mempromosikan berbagai produk di blog anda. Kalau anda salah dalam melakukan promosi ini, bisa-bisa pembaca setia anda kabur.

Meskipun tadi saya bilang mudah, banyak blogger yang tidak punya mindset yang tepat untuk menjadi affiliate marketer. Maka dari itu, ikuti konsep-konsep berikut.

Jalin hubungan dengan pembaca

Semakin visitor anda percaya dengan anda, semakin tinggi pula kemungkinan mereka untuk membeli produk yang anda promosikan.

Makanya penting untuk menjalin hubungan baik dan membangun rasa percaya antara pemilik blog dengan pembaca.

Bangun traffic terlebih dahulu

Ada baiknya kalau blog anda sudah punya visitor tetap terlebih dahulu sebelum mulai melakukan monetisasi dengan teknik apapun, termasuk affiliate marketing.

Bayangkan kalau di artikel pertama anda sudah langsung mempromosikan produk, orang yang baru berkunjung ke website anda tidak akan betah.

Promosikan produk yang memang bagus

Seberapa keras pun usaha anda mempromosikan produk, kalau produknya sendiri tidak bagus maka tidak akan ada yang membeli.

Jangan tergiur dengan persentase komisi yang ditawarkan produk afiliasi. Pastikan kualitasnya memang bagus dan orang-orang yang menggunakan produk tersebut puas.

Lebih bagus lagi kalau produk yang anda promosikan memang sudah pernah atau sedang anda pakai.

Jangan keseringan

Banyak blog yang saya lihat seperti ini. Setiap artikel blog dibuat untuk mempromosikan suatu produk. Apalagi yang blognya sengaja dibuat hanya untuk menaruh link affiliate.

Akibatnya, pengunjung anda tidak akan mendapatkan manfaat dari blog anda.

Produk yang relevan dengan blog

Percuma kalau blog anda tentang gitar tapi anda mempromosikan produk fitness. Mana ada yang mau beli.

Promosikan produk-produk yang memang dalam kategori sama. Misalnya kalau blog anda tentang tutorial WordPress, promosikan plugin WordPress.

Nah, itulah 5 mindset yang harus anda pegang dan aplikasikan. Sekarang mari kita mulai langkah-langkahnya dari 0.

Langkah-langkah mempromosikan produk afiliasi

1. Daftar di affiliate network

Pertama yang harus kita lakukan tentu saja adalah mendaftar di affiliate network. Ada beberapa jaringan yang bisa saya rekomendasikan untuk pemula:

  1. Amazon – produk fisik
  2. Clickbank – produk digital
  3. Warriorplus – produk internet marketing
  4. JVZoo – produk internet marketing
  5. Envato – template, script, plugin, desain grafis

Pendaftaran di affiliate network di atas tidak susah dan tidak membutuhkan persyaratan apapun.

2. Pilih produk affiliasi

Setelah mendaftarkan akun di affiliate network, pilih produk afiliasi yang akan anda promosikan. Dari 5 konsep di atas, maka ada beberapa panduan yang dapat anda gunakan dalam memilih produk.

Pilih produk yang sesuai dengan topik blog anda, dan pilih yang terbaik.

Produk yang bagus biasanya terlihat dari jumlah review, total rating, jumlah pembeli, dll. Hampir semua affiliate network juga mempunyai fitur untuk mengurutkan produk dari yang paling laris.

2a. Alternatif cara memilih produk dan mendaftar

Kalau cara 1 dan 2 tadi kita memilih networknya dulu baru mendaftar, bisa juga kita balik dengan memilih produknya dulu baru mendaftar di network.

Misalkan karena saya di blog ini menggunakan Genesis Framework yang menyediakan affiliate program, jadi saya ingin merekomendasikan produk ini. Caranya, cari tahu detail mengenai program afiliasinya di website produk kemudian daftar di network tersebut.

Untuk Genesis Framework, mereka menggunakan network ShareASale. Jadi untuk mempromosikan produk ini saya mendaftar di sana. Ada pula produk yang tidak menggunakan affiliate network, sama saja.

3. Simpan link afilliate

Setiap produk dan network punya link yang berbeda-beda. Simpan link untuk semua produk yang ingin anda promosikan ke notepad atau dokumen lain untuk mempermudah proses.

4. Buat konten

Karena kita menggunakan blog sebagai media mempromosikan produk, maka kita harus membuat kontennya. Bentuk konten yang umum digunakan biasanya artikel atau video.

Ikuti panduan dalam artikel ini untuk membuat artikel yang baik.

Berikut ini beberapa jenis konten yang efektif untuk disisipkan link affiliate, beserta tipsnya.

Konten review produk

Yang paling umum dan yang paling efektif adalah membuat konten berupa review produk. Orang yang mencari review suatu produk biasanya sudah siap membeli. Tugas anda tinggal meyakinkan mereka.

Berikut ini aturan membuat konten review yang harus anda pegang untuk menciptakan konten yang efektif dan dipercaya orang lain:

  1. Jujur. Jangan berbohong tentang produk yang anda review, jangan pula hanya menyebutkan keunggulan-keunggulannya. Kalau memang ada kekurangan produk, sampaikan juga.
  2. Personal. Dalam me-review produk, gunakan nada personal “saya” dan “anda”. Jadi konten yang anda buat memang benar-benar review dan rekomendasi dari anda sendiri.
  3. Jangan review produk yang tidak bagus.

Konten kumpulan dan perbandingan

Dengan konten kumpulan dan perbandingan, anda bisa mempromosikan lebih dari satu produk sekaligus dalam satu artikel. Berikut ini contoh-contoh konten kumpulan dan juga perbandingan produk:

  1. 30+ Tool untuk Blogger
  2. 5 Template WordPress Responsif Terbaik
  3. 7 Plugin untuk Mencegah Blog Anda Terkena Hack
  4. Genesis Framework vs. Thesis Framework – Mana yang Lebih Baik

Konten tutorial

Konten berbentuk tutorial juga kadang bisa anda sisipkan link affiliate. Contoh konten tutorial misalkan “Cara Membuat Blog Profesional dengan WordPress”.

Dalam artikel itu saya bisa memasukkan beberapa link affiliate misalkan Bluehost sebagai penyedia hosting blog, NameCheap sebagai layanan domain, rekomendasi plugin, dan rekomendasi template.

Konten diskonan

Diskon juga sangat efektif karena artinya mereka sudah siap membeli. Ada produk-produk afiliasi yang memang memberikan harga lebih murah kalau dibeli dari link atau kupon affiliate daripada membeli langsung.

4a. Banner iklan

Selain konten, produk afiliasi juga bisa dipromosikan dengan banner bergambar seperti AdSense. Beberapa produk menyediakan ukuran banner yang sama persis seperti AdSense misalnya 336×280, 300×250, 468×60, dan lain-lain.

Kalau memang tidak disediakan, anda bisa juga membuat banner sendiri.

Penutup

Ada 2 keunggulan mempromosikan produk affiliate dengan blog dibandingkan dengan memasang iklan. Pertama, tidak merusak tampilan website, dan kedua, komisi yang anda dapatkan jauh lebih tinggi.

Produk afiliasi yang bagus dan dipromosikan dengan benar akan mendapatkan conversion rate yang besar. Alasannya karena seperti yang bisa anda lihat dari tutorial di atas bahwa produk ini “menyatu” dengan website dan konten.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart